Senin, 19 April 2010

Manfaat Jamur Lingzhi

Jamur merupakan tumbuhan tingkat rendah, bahkan dalam sistem Lima Kingdom makhluk hidup, jamur tidak masuk sebagai jenis tumbuhan, karena tidak memiliki batang dan daun sebagaimana tumbuhan. Jamur digolongkan dalam Kingdom tersendiri yaitu Fungi.

Peradaban manusia telah mengenal jamur sebagai jenis makanan dan obat-obatan. Untuk makanan ada beberapa spesies yang telah banyak dikonsumsi seperti jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake dan jamur merang. Sedangkan Jamur Lingzhi dikenal sebagai obat yang sangat berkhasiat.

Jamur Lingzhi dalam sistem Tatanama Binomial Numenclature ciptaan Carollaus Linnaeus, adalah sebagai berikut:

Kerajaan: Fungi 
Ordo Polyporales
Family Ganodermataceae
Genus Ganoderma
Spesies Ganoderma lucidum
 


Menurut sejarah Cina , ling zhi ditemukan oleh seorang petani bernama Seng Nong. Dalam buku Pengobatan Herbal Tiongkok yang ditulis tahun 56 SM, jamur kayu ini tercantum sebagai bahan obat nomor satu dari 365 bahan obat lainnya –termasuk ginseng. Pada zaman Dinasti Shu, sekitar 2400 tahun lalu, ling zhi hanya dikonsumsi untuk pengobatan para maharaja dan bangsawan di negeri Cina. Pada masa itu, ling zhi masih langka. Lingzhi masuk dalam kategori “superior” karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mampu menjaga dan mengembalikan keseimbangan tubuh, dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa efek samping.

Lingzhi dapat tumbuh pada pohon-pohon yang tua dan lapuk, atau pohon yang telah mati. Berbentuk seperti payung tidak sempurna, bertangkai relatif pendek dibandingkan dengan tubuh buah (payung)-nya yang berdiameter hingga 30 cm. Bentuk payungnya setengah lingkaran mirip ginjal, dengan ketebalan bervariasi antara 2-5 cm.

Kandungan utama lingzhi adalah protein, polisakarida (ganodelan A, ganodelan B, dan beberapa jenis glukans), triterpenoid (asam ganodermik, ganodermadiol, dan 110 macam lainnya) yang strukturnya mirip hormon steroid, juga germanium, ergosterol, coumarin, mannitol, alkaloid, asam lemak tak jenuh, adenosin, dan berbagai vitamin (B, C, D) serta mineral (natrium, kalsium, seng, besi, fosfor).

Kandungan Nutrisi Ling Zhi
Nutrisi
Jumlah(%)
43
26.4
4.5
19.0
6.9
Kandungan Mineral dan Vitamin Ling Zhi
Komponen
Jumlah(mg/100 g bahan)
4,150
3,590
1,030
832
735
82,6
61,90
Vitamin B2
17,10
Vitamin B1
3,49

Dari berbagai penelitian yang dilakukan di berbagai negara, ling zhi berkhasiat sebagai herbal anti- diabetes , anti- hipertensi , anti- alergi , antioksidan , anti-[inflamasi], anti- hepatitis , analgesik , anti- HIV , serta perlindungan terhadap liver , ginjal , hemoroid atau wasir , anti- tumor , dan sistem imunitas (kekebalan tubuh).
Jamur ini tumbuh sebagaimana jamur yang lain, hanya saja masa panennya lebih lama. Kalau jamur tiram hampir tiap hari panen, jamur lingzhi bisa sebulan sekali baru bisa dinikmati hasilnya. Oleh karena itulah, harga jamur ini jauh lebih mahal dibanding jamur tiram.

Manfaat dari Jamur Lingzhi:

1. Fungsi Anti-Tumor: Lingzhi mempunyai fungsi menguatkan daya ketahanan badan. Ia menguatkan badan ktia untuk melawan penyakit kanser.
Melindungi organ hati dan detoksifikasi: Lingzhi membantu kita untuk melindungi organ hati dengan mengelakkan kerosakan ubat dan toksin. Ia amat berguna untuk mengatasi hepatitis kronik, kepeningan, keletihan, ketakselesaan hati dan memperbaiki fungsi organ hati.
Mempebaiki fungsi kardiovaskular: Lingzhi membantu badan kita untuk mengembungkan arteri koronari dan juga menambah kandungan saluran darah, memperbaiki peredaran mikro miokardial dan menguatkan paras oksigen miokardial. Ia juga amat bermanfaat untuk masalah penyakit jantung koronari, mengurangkan paras kolesterol darah, protein lemak, trigliserida dan mengelakkan kekerasan arteri.
Fungsi anti-usia tua: Lingzhi mengandungi bahan polisakarida dan peptida yang dapat memberangsang penggandaan sel dan memanjangkan umur, memperbaiki serum, organ hati dan sintesis asid nukleik tulang sumsum dan protein serta menggalakkan tumbesaran.
Anti-gangguan mental: Lingzhi amat baik untuk melawan masalah mental dan insomnia di mana kadar kejayaannya hampir 87.14% hingga 100%. Biasanya bila ia diambil selama 10 hingga 15 hari, keadaan tidur, selera makan, denyutan jantung, sakit kepala, pening-pening yang dialami akan diperbaiki.
Menstabilkan masalah darah tinggi: Lingzhi amat baik sekali untuk Menstabilkan tekanan darah tinggi di mana kadar kejayaan hampir 88.3%. Pada masa yang sama, lingzhi juga dapat menstabilkan tekanan ubat pemeras tekanan darah.
Mengatasi kencing manis: Kandungan ganoderan B lingzhi dapat mengurangkan paras gula darah dan memperbaiki masalah kencing manis. Kajian menunjukkan setengah pesakit mempunyai paras gula darah mereka berkurangan dari angka 173 hinga 116, paras kolesterol menurun dari 233 kepada 179 dan paras protein-b dari 580 kepada 465.
Fungsi terhadap bornkitis kronik dan asma: Lingzhi mempunyai kesan kentara untuk mengelakkan kahak dan membatuk. Ia juga amat baik untuk mengatasi masalah demam.
Fungsi Anti-Alergi: Eksperimen menunjukkan lingzhi dapat mengatasi masalah asma, penyakit kulit eritematosus, radang buah pinggang dan penyakit kulit.
Pencantikan kulit: Ganoderma juag boleh mengurangkan pembentukan pigmen hitam, menyerikan kulit, mengimbangkan bendalir limfatik, menambah kandungan kolagen dan mengelakkan kedutan.
Pancaran mentari, radioaktif telefon bimbit, computer dan lain-lain peralatan modern: Pancaran sang suria boleh menyebabkan keradangan kulit, gatal-gatal dan kanser kulit. Lingzhi mengandungi bahan yang dapat mengelakkan kerosakan yang dibawa oleh radiasi ke atas kulit kita. Telefon bimbit, komputer, TV dan ketuhar gelombang mikro juga berbahaya kepada kesihatan manusia. Di sini lingzhi dapat menguatkan daya ketahanan badan kita untuk mengelakkan kebahayaan radiasinya.
Lingzhi  bukan saja dapat membantu kita menyembuhkan penyakit, malahan dapat menyihatkan badan juga. Ia tidak mempunyai sebarang kesan sampingan, dan boleh dimakan oleh semua ahli keluarga. Sememangnya ia adalah herba terunggul untuk semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar