Sabtu, 10 April 2010

Gentacimin

Gentacimin (apa itu?)

Sejenis salep untuk penyakit kulit, yang dioleskan pada aerah yang terinfeksi, biasanya diberikan oleh dokter bagi penderita bisul atay penyakit infeksi kulit lainnya, berikut keterangan lain tentang gentacimin.

Indikasi:
Untuk pengobatan infeksi kulit primer maupun sekunder seperti impetigo kontagiosa, ektima, furunkulosis. pioderma, psoriasis dan macam-macam dermatitis lainnya.

Kontra Indikasi:
Alergi terhadap gentamisina.

Komposisi:
Tiap gram salep mengandung gentamisina sulfatsetara dengan gentamisina 1 mg.

Cara Kerja Obat:
Gentamisina merupakan suatu antibiotika golongan aminoglikosida yang efektif untuk menghambat kuman-kuman penyebab infeksi kulit primer maupun sekunder seperti Staphylococcus yang menghasilkan penisilinase, Pseudomonas aeruginosa dan lain-lain.

Posologi:
Oleskan pada lesi kulit 3 - 4 kali sehari.

Cara Penggunaan:
Obat luar.

Peringatan dan Perhatian:
Penggunaan antibiotika topikal kadang-kadang menyebabkan suburnya pertumbuhan mikroorganisme yang tidak sensitif terhadap antibiotika, seperti jamur.
Bila hal ini terjadi atau terdapat iritasi, sesitisasi atau superinfeksi, pengobatan dengan Gentamisina harus dihentikan dan harus diberi terapi pengganti yang tepat.

  • Gentamisina tidak untuk pengobatan mata.
  • Obat-obat bakterisid tidak efektif terhadap infeksi kulit yang disebabkan virus dan jamur.
  • Karena keamanan pemakaian Gentamisina pada wanita hamil secara absolut belum dipastikan, tidak boleh digunakan pada wanita hamil dalam jumlah yang banyak atau periode waktu yang lama.

Efek Samping:
Iritasi ringan, eritema dan pruritus.
 

Cara Penyimpanan:
Dalam wadah tertutup rapat. Terlindung dari pengaruh panas yang berlebihan.

Bukan untuk mata

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Jenis: Salep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar